The Special One

The Special One
Saya menulis ini bukan karena saya penggemar Mourinho atau pun Chelsea. Hanya saja, saya benar-benar kagum dengan pencapaian yang dia dapatkan sampai saat ini. The Special One adalah julukan dari Jose Mourinho. Semua penggila sepak bola tahu julukan itu. Hanya saja satu hal yang berbeda adalah, Mourinho menjuluki dirinya sendiri The Special One. Itu bukan julukan yang diberikan orang lain atas sepak terjangnya.
Jose adalah seorang pelatih yang tergolong baru terkenal. Berawal dari asisten manager, sampai kemudian menjadi manager di tim Porto, dia sukses membawa Porto menjadi Juara Liga Champions pada 2004. Selanjutnya chelsea meminangnya. Membawa perubahan luar biasa di chelsea, menjuarai premier league di musim pertamanya berkriprah di Inggris. Memang uang tak terbatas Roman membuat semua tampak mudah, tapi lihat City, dengan kekuatan uang yang sama tak bisa menjuarai premier league dengan mudah di awal, jadi, bagaimana Mourinho? Hebatnya Mourinho sebenarnya ada pada pembentukan tim, dimulai dengan mendatangkan pemain-pemain yang benar-benar di butuhkan the Blues. Siapa yang mengenal drogba sebelum di chelsea? Ketika dia datang, orang-orang mencibir. Dengan uang tak terbatas mengapa hanya mendatangkan seorang drogba. Tapi Jose bergeming, memang wataknya keras kelihatannya, dan lihat sekarang, siapa yang gak kenal drogba? Seseorang yang sampai sekarang dikenal sebagai pemain terbaik Chelsea sepanjang masa versi fans. Pahlawan. Buas di depan gawang, baik saat jadi penyerang tunggal atau berduet dengan pemain lain. Ada lagi Ricardo Carvalho, yang bersama John Terry selanjutnya disebut sebagai duet bek tengah tertangguh Premier League di era itu bersama kiper muda Cech. Pertahanan kokoh dan striker buas itu yang tidak dimiliki chelsea selama bertahun-tahun, dan Jose yang membentuknya.

Oke bukan chelsea, kita ngomongin Jose Mourinho, seorang yang baru-baru saja terkenal, dengan luar biasa menjuarai premier league di musim pertamanya, untuk tim yang sudah 50 tahun tidak mencicipi gelar premier. Dengan super PD ketika pesta perayaan juara premier di pekan akhir premier league membuang medali juaranya ke tribun penonton. Membuang medali juara Premier League pertamanya!!! Saat konfrensi pers dia berkata, "tidak masalah, aku akan mendapatkannya lagi musim depan"! Orang gila!

Mourinho adalah orang gila! Seseorang pelatih baru, menjuarai premier league pertamanya, membuang medali juara, dan mengatakan akan mendapatkannya lagi musim depan! and He did it! Won the tittle for the second time in a row! What a ..... Memang apa yang dia katakan terkesan sangat sombong dan arogan, tapi dia dicintai supporter dan anak buahnya, karena kehangatannya - artikel. Sayangnya tidak jarang dia juga dikecam. Atas komentar nyleneh dan arogannya, sampai puncaknya sempat ada tagline Jose Mourinho Public Enemy Number One. Ada yang menyanjung, ada yang mencela. Tapi Jose Mourinho menjawabnya dengan prestasi. Sampai sekarang.

Orang yang luar biasa. Dengan mengatakan diri sendiri Special One tentu saja dia memberi tekanan kepada diri sendiri untuk menunjukkan bahwa dia special. Ketika mengatakan akan menjuarainya (premier League) tahun depan, dia memberi tekanan lagi pada dirinya sendiri. Tekanannya akan sangat besar. Jauh melebihi tekanan yang dirasakan manager-manager lain. Mau ditaruh di mana mukanya jika dia tidak bisa menunjukkan bahwa dirinya memang special dan bisa juara lagi? But He did it!

Siapa orang yang berani dengan lantangnya menantang dunia seperti dia? Rasa percaya diri yang luar biasa. Kesuksesan ada untuk mereka yang yakin bisa mendapatkannya. Mau mengambil resiko, dengan percaya penuh pada diri sendiri. Tidak peduli dengan suara orang lain, jawab dengan hasil. Yang paling tahu keadaan diri sendiri ya diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri bisa memunculkan rasa percaya diri sehingga berani untuk maju! Face the world! Orang yang dicatat sejarah bukan orang yang hanya bisa menaklukkan tantangan sederhana. Orang yang dicatat sejarah adalah orang yang melakukan hal besar! dan hal besar tidak ditaklukkan dengan perasaan kecil! Be BRAVE, BE BIG! Kumandangkan namamu ke seluruh Negeri, dan Dunia!

mengapa menulis?

mengapa menulis?
"Belajarlah dari kesalahan orang lain. Kita tidak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri (Martin Vanbee)"

Baru-baru ini saya terlibat obrolan banyak dengan teman-teman. Kami ngobrol ngalor ngidul tentang, skripsi. Apa yang biasa banget menjadi obrolan dari mahasiswa yang masuknya lebih dulu dari yang lain. Sibuk nulis sana sini, cari bahan sana sini, di lain pihak, barang penelitian juga perlu untuk diberi perhatian. Riset ranah kami berlangsung dengan membuat alat pengujian, atau kadang spesimen, untuk kemudian diuji dan mendapatkan hasil. Lalu,

Mengapa menulis?
Jika tidak menulis, bagaimana bisa kita mendapat angka di kertas ujian?

Mengapa menulis?
jika tidak ada yang menulis penelitian mereka, bagaimana bisa kita mengerjakan tugas thermodinamika? bagaimana bisa kita mengerjakan tugas tribologi minimal 50 halaman itu?

Mengapa menulis?
Karena jika tidak menulis maka orang-orang tidak akan tau nama kita dengan benar.

Jadi? masih berfikir suka riset tapi tidak suka menulis? I dont think it's a good statement.

karena berkat tulisan kita, generasi penerus tidak perlu mengulang kesalahan dan kegagalan yang dulu kita lewati saat menemukan sesuatu.

dan yang lebih penting, menulis itu seni, seni merangkai kata. kata seorang teman

dan juga menulis membuat kita selalu ingat, "people can forget, but paper never forget"

dikosan yang segar, selow sunday, 28-07-2013, 14.37

tamu

tamu
Entah kapan dan atas dasar apa aku menulisnya. Ini tulisan yang sudah lama sekali..

Ada satu hal,yang kelihatannya biasa saja, tapi kadang menyesakkan. sendiri. bayangin aja kita sendirian dikos, setengah hari aja pasti bosen, apalagi gak ada kerjaan, wooh males pol. pengen ketemu teman-teman, pengen keluar. pasti. atau misal kita pergi ke tempat baru, gak kenal siapa pun. sendiri. oke nanti bisa kenalan dan menjalin keakraban, hanya saja, ada waktu dimana kita sendiri, merasa gak enak banget ada di tempat itu. sebenernya kadang kita butuh waktu sendirian memang, tapi itu gak sampai secuil dibanding waktu kita ingin bersama-sama orang lain.

saat saat seperti itu baru deh kadang kita jadi sadar betapa berharganya teman. betapa kita butuh mereka. makanya ada kangen teman, terus ujung-ujungnya reuni.

teman itu ada, agar dijaga, dirawat, dipelihara, dihargai, saling mengisi, bleh.. ada juga saatnya mereka datang berkunjung, ya disambut, dengan hangat, diberikan hal-hal baik. karena mereka tamu, dan sebagai manusia Islam, ya menjadi kewajiban untuk memuliakannya.

Ada hal lain, bukan teman sepertinya, yang dia ada, kita tahu, kita merasakan, bahkan sebelum kita bisa mengucap atau menuliskannya. Kalau orang kebanyakan sih menyebutnya cinta. Dalam bahasa lain dan cukup terkenal mungkin love. Entah apa mereka menyebutnya, yang jelas perasaan itu sama.

Pertama kali cinta datang, dia putih, bersih, tanpa prasangka. Jadi jangan buat dia melihat hal-hal buruk yang membuatnya menjadi hal bodoh dan tak bermakna. bawa dia ke tempat yang baik, mulia. Persilakan duduk pada kursi yang nyaman. yang membuat dia berterima kasih karena pernah singgah di hati kita.

selow sunday, 28-07-2013, 14.21

KKN - tekanan berwujud 288 jam


Pemberdayaan Masyarakat, Pembelajaran di masyarakat, Pemberian ke Masyarakat, Perjuangan bersama Masyarakat.. atau apalah itu kita dan mereka menyebutnya.

Nama dari pusat sih KKN-PPM, ya itu tadi, kuliah kerja nyata - kelanjutannya silakan diisi sendiri, bebas. adalah sebuah mata kuliah wajib bagi sebagian besar fakultas di univ tertua di indonesia ini. Jadi dari pusat memerintahkan mahasiswa untuk langsung terjun ke masyarakat dan bergabung serta belajar juga memberdayakan mereka, komplit dah bener.. semua harus dilaksanakan. tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku.

KKN sendiri satu kelompok siswa dengan satu tema pokok disebut satu unit, sekitar 20-30 orang yang kemudian dibagi lagi menjadi sekitar 3-4 sub unit. Jadi yaa satu subunit sekitar 7-10 orang. Masing-masing orang dari satu sub unit harus mempunyai program yang mewakili tema utama kkn yang diusung, juga program pokok yang merupakan bagian dari apa yang telah dipelajari selama (rata-rata 6 semester) di bangku kuliah yang disesuaikan dengan tema. tentu saja hal ini membuat agak bimbang juga. katakan sekarang aku berada di kkn dgn tema peternakan pertanian perikanan, aku sendiri anak teknik mesin, nah lhoo.. agak risau juga pas penentuan mana program yang kira-kira teknik bgt tapi tetep masuk kategori tema. gimana gak risau orang kegiatan pokok tema harus 140 jam, 6 hari nonstop itu sudah. terus pokok sesuai kluster 60 jam, 2,5 hari nonstop. program bantu 88 jam,  padahal kkn sendiri jaman ku ini gak menguntungkan bgt, hanya 38 hari, wohoo..
288 jam = 12 hari nonstop.
Katakan waktu tidur per hari 6 jam, makan dan sholat 2 jam, mandi dan refreshing 2 jam, dan kegiatan kemanusiaan lain 2 jam. maka 1 hari sudah kehilangan waktu 12 jam. hampir setengah hari sdh dibooking tu waktu kita buat kegiatan non program.
sekarang dengan waktu yang cuma setengah hari selama 38 hari - 4 hari rencana dan 4 hari laporan akhir. berarti tinggal 30 hari untuk mendapatkan jam kerja 288 jam.
belum lagi kegiatan itu kan harus memasyarakat, jadi tidak bisa idealis donk.. kita yg numpang di mereka, kita butuh mereka bener deh, tentu harus menyesuaikan dengan mereka. Inilah bagian yang tersulit. menyesuaikan waktu itu juga butuh jam, grr..
Sisa waktu kita berapa? 12 jam per hari x 30 hari = 360 jam, jadi 360 - 288 = 72 jam.
Oke, jadi kita cuma punya waktu 72 jam untuk mikir dan mempersiapkan serta menyesuaikan waktu yang pas dengan masyarakat, 72 jam itu kelihatan banyak? coba pikir ulang!
itu adalah waktu yang sangat sedikit.. apa gak gila ya itu pusat? hahaa

masalah waktu silakan dipikir lagi sendiri..
Setiap mahasiswa kkn pada berbodong2 mikir program yang menurut mereka bagus.
Contoh saja penanganan sampah. mahasiswa banyak melihat plastik bekas sampah yang sekarang menjadi berharga ketika dijahit sedemikian rupa menjadi tas jinjing, kotak pensil, maupun dompet.Jadilah mereka membuat program "pemberian pembelajaran pembuatan produk hasil olahan sampah".
Lain lagi obat herbal. Mahasiswa berfikir mengenai obat herbal itu nanti bisa digunakan bwt apa aja.. jadilah mereka membuat program "pembuatan jamu enak dari tanaman herbal rumahan". Bagus memang. Visioner banget. tapi coba pikir lagi. Apa mereka sudah sebegitunya paham akan pemilihan sampah dengan benar? Apa di setiap rumah sudah terdapat 3 tong sampah untuk mengakomodir pembuangan sampah?
Kemudian, apa benar tanaman herbal yang ada itu sudah dirawat dengan benar? ato hanya satu kali pemberian tanaman tanpa perawatan intens? Sehingga jamu ya hanya sekedar pas KKN aja. Patut jadi pertanyaan.
Kita adalah mahasiswa yang pikirannya benar2 jauh ke depan. kreatif, banget malah. Masyarakat? tidak semua begitu.
aku banyak sekali diskusi dengan masyarakat. dinas juga. dan apa yang mereka katakan? saat penyuluhan dan penjelasan mengenai pemilihan sampah, mereka dengan pesimis bilang "susah mas, mbak, milih2 itu", ato apalah alasan lain. Jadi, tahap sangat sangat dasar saja mereka belum lulus, mau diajari pembuatan produk hasil olahan sampah. Mau bertahan berapa jam saja mas, mbak?
Yang mereka butuhkan itu perubahan mindset, bukan langsung hasil. Dipamerein hasil saja belum cukup untuk mereka. Kita bikin fondasi, makanya kkn itu aku rasa kurang optimal banget hanya 38 hari, dapet apa ya? sekali penyuluhan aja tanpa hasil.
untuk memberdayakan mereka itu butuh waktu lama. dan tentu saja kesungguhan..
kalo gak sungguh2 mending gak usah.. kalo cuma cari nilai ya pergi aja sogok dosennya :p
tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa pun. Ada kok, yang penting coba aja diskusi yang banyak, minta pendapat, cari solusi, simple gak masalah, yang penting mengena. Dan yang lebih penting, bergaullah, dengan masyarakat. Dan itu yang ditulis sebagai durasi program aja, hahaa..

Menurutku 288 jam sebagai waktu pokok tadi hanya sebuah formalitas, atau yang membatasi. Bukan tujuan, tapi hanya sebuah angka yang mengarahkan kita untuk membuat program yang jelas. Seperti layaknya organisasi kampus yang diberi waktu satu tahun untuk bergerak, membuat perubahan, membuat prestasi, dengan kebijakan pengurus harian masing-masing.
Naah durasi waktu dari LPPM pun seperti itu, biar terarah saja sih. Jadi ya semoga ditanggapi sebagai sebuah hal baik, bukan malah memberatkan.
Yang penting bahwa value yang harus dicapai saat KKN itu tercapai. Apa itu? menikmati kebersamaan dengan teman satu Unit, menikmati bergaul dengan anak kecil di KKN, dengan masyarakat. Menekan ego, gak usah sok kota, ya bergaul aja. haha

Nulisnya di kosan, publishnya di kontrakan.
11.25 30-06-13
*notes lama yang akhirnya dipublish

kebijakan sendiri

kebijakan sendiri
Ini sebenernya hanya kumpulan kata-kata yang menurutku bijak. Bukan dari siapa-siapa, hanya dari aku sendiri. hahaa.. ada yang dari orang lain juga sih. Yaah sebenernya biar gak lupa aja, biar kadang ketika membaca lagi kita semakin tersadarkan, karena memang manusia tempat salah dan lupa. Kalau kata Pak Fandy Semesta, "people can forget but paper never forget". Oke catet satu kalimat bijak!!

.victory loves preparation, and needs steps..

.suatu ketika saya naik gunung, rasanya capek memang, jika terlalu banyak berhenti. Jalan terus pun juga capek, tapi itu masih lebih baik..

.Ada yang namanya Prioritas, ada Solidaritas. Mungkin saya pilih yang kedua dulu?

.Ada namanya optimis, ada yang namanya realistis. Saya pilih yang pertama.

.Saat terbaik untuk belajar adalah saat 'no-internet connection'

.Laki itu harus tanggung jawab, mulai dari diri sendiri, mulai dari jadwal yang disusun sendiri

.Belajarlah bekerja dalam tim. Menyatukan ego itu tidak semudah membangun mood pribadi.

.1st thing to do when you're a part of a team, make great atmosphere for working together.

.Jika satu saluran tivi kresek-kresek, jangan khawatir. Berita Olah raga masih ada di saluran lain. Sama kayak hidup, pilihan gak cuma satu.

.tweet yang rada gak nyambung dari seorang author adalah seni

.berusaha itu tidak pernah salah

hahaa.. ntar update deh, segini dulu..

dikosan saja.. 11.02 27-06-13
*saat penat melihat angka

Memilih orang yang sangat ....

Memilih orang yang sangat ....
Hidup adalah pilihan, iya semua orang tahu itu. Mau memilih untuk belajar biar pinter, mau milih main dotA biar pinter juga, mau milih main bola biar pinter juga, bebas, sembarang elu. Hidupku hidupku, hidupmu hidupmu. Kalau kata seseorang, "the most difficult exam is Life. Many people failed because they tried to copy others, never realized that everyone has different exam paper". Seperti itu kadang. Maka jadilah diri sendiri. Itu wajib. Namun kadang lagi, memiliki seseorang yang dijadikan contoh, atau idola, atau role model, atau target, itu penting. Nami pernah bilang, "saat bingung, manusia mudah sekali menjadi lemah, tapi saat punya tujuan, maka mereka akan menjadi sangat kuat". Jadikan orang-orang itu contoh kesuksesan yang akan memacu kita lebih jauh, bukan serta merta kita contek apa yang dia lakukan. Do it with style, our style. lebih seru.

Hanya saja, pikiran manusia itu terbatas, pengalaman pribadi juga terbatas, makanya ada silaturahmi, ada referensi, ada cerita pengalaman orang. Jadinya kita tidak harus memulai lagi dari awal, bisa minta pendapat, bisa sharing, dan itu menyenangkan. Dalam Islam, itu cara memperpanjang umur.

Satu hal, yang yaah.. ini urusan pribadi, sedikit subjektif, tapi tetap bisa diberi alasan masuk akal. Bisa menjadi pengalaman yang memberi ilmu. Ini pertanyaan seputar pasangan hidup, bukan tentang keluarga, atau sahabat, atau teman. Jadi mohon dibedakan dan jangan disangkut sangkutkan, karena pembahasan pasti akan lain. Oke pertanyaannya

Jika harus memilih, hidup dengan seseorang yang sangat kau cintai atau hidup dengan seseorang yang sangat mencintaimu, kamu pilih yang mana?

Sering kan ya kejadian seperti ini. Kadang kita menyukai seseorang, menunggu orang yang menurut kita sangat baik, sangat pas buat kita, sedangkan orang itu bukannya tidak tertarik dengan kita, tapi ternyata hanya menganggap kita sebagai teman, mungkin ada perasaan, tapi belum jelas, gak ngasih sinyal juga. Memang perasaan orang siapa yang tahu? Sedangkan di sisi lain ada orang yang juga menyukai kita, memberikan perhatian, kebaikan, selalu bertanya, dengan sabar. Dan yang jelas, dia menunggu kita. Hanya saja, kita tidak suka dia, atau setidaknya, belum. Kalah cantik mungkin dari yang kita sukai, kalah putih, kalah pinter, kalah kaya, atau kalah yang lainnya. Bagian yang menang sudah lupa ada apa tidak, atau tidak kelihatan, atau setidaknya lagi, belum.

Aku sudah pernah bertemu dengan dua orang, yang berbeda jawaban, satu meluluhkan yang lain. Aku tidak tahu hatinya, karena hati orang siapa yang tahu. Hanya saja terlihat dari gerak geriknya, hahaa.. Si A sudah punya pacar, aku pikir dia mencintainya, orang sudah sampai kenalan orang tuanya juga, udah lebih dari 60% jadi lah itu. Si B masih jomblo, hanya saja, dia sangat mencintai si A. Bahkan sampai akhirnya saat si A mau nikah pun, si B sepertinya masih punya hati. Yaah, memang seperti itu, sedih. Tapi entah kenapa pada saat sudah hampir menikah, si A memilih untuk tidak menikah dengan pacarnya. Padahal aku tahu kalau si A sebenernya suka. Berita yang cukup mencengangkan tapi juga berita bahagia, bagi si B. hahaa.. Setelah itu, mungkin 8 bulan, yang berada dalam satu pelaminan adalah si A dan si B.

Si B meluluhkan si A. Si B memilih untuk hidup dengan orang yang sangat dia cintai. Sedang si A memilih untuk hidup dengan orang yang sangat mencintainya. Pada akhirnya tetep si A dan si B saling mencintai dong, tapi sebelum itu, mereka membuat pilihan. yang berbeda. si A pasti ngrasa kalau si B menyukainya, dari dulu, mungkin dia mencoba memberi kesempatan? eeh malah merasa nyaman juga. Bagi si B, seperti penantian yang berakhir, dengan baik :)

Itu untuk yang sampai menikah, yang pacaran? ada beberapa. Seorang yang dengan sabar menunggu, sampai 2 tahun. dan akhirnya, dia ditembak juga. akhir penantian. Ada lagi seseorang yang keukuh akan menunggu yang dia sukai, akhirnya memilih untuk bersama orang yang sangat mencintainya. macem-macem. sekali lagi, itu pilihan.

Aku pun pernah mengalami kondisi seperti itu. Yaah that's human. Bukan cinta monyet, bukan cinta t-Rex, bukan cinta pertama. Rasa suka ke beda jenis aja, karena nyaman, karena merasa cocok, karena mengagumi. Maklum, dulu duniaku sempit banget, sesempit kota Parakan, yang pilihan lawan jenis pun terbatas, haha.. Jadi ada sedikit rasa suka, yang bertahan cukup lama. Sampai akhirnya lose contact, dan karena perasaanku cukup peka, rasa yang dulu pun perlahan hilang, seperti tergerus sedikit sedikit. Memang gak tahu dari dia langsung, tapi yah perasaan dulu sih bilang dia suka orang lain, jadi yaa.. gimana, haha.. Satu kalimat johnny depp yang menurutku bagus, "if you love two person at same time, choose the second, because if you really love the first, you wouldn't fall for the second." ya gitu, kalau memang benar-benar mencintai yang pertama, gak akan jatuh cinta dengan orang lain lagi donk. Pede banget aku ngrasa dia suka juga sama aku, haha.. oke fine, maka, Let it go, haha.. bukan sifatku untuk murung terlalu lama. tapi bukan sifatku juga untuk move on secepat itu.

Yang selanjutnya, mungkin kasusnya hampir sama. Berawal dari mengagumi, yang gak tahu dia merasa atau tidak. Yang dia mungkin terlalu terbiasa dikagumi karena memang seperti itu. Sempet deket. Dan lagi-lagi ke-GR-an merasa dia juga ngasih harapan, padahal mungkin hanya menganggap teman, hahaa.. Dan apa yang dia rasakan, sampai sekarang pun, aku gak tahu. Karena akhirnya, aku memilih untuk mundur dari lomba yang bahkan dulu aku gak sempet daftar, haha.. merasa kurang pas aja mungkin.

Yang keselanjutnya lagi, sedikit berbeda.. dan yang menjadi jawaban dari aku sih.. karena memang jahat banget kalau aku menyia-nyiakan mereka yang dengan tulus ngasih perasaan. Dalam kedodolanku, dalam keburukanku, dalam cueknya aku, dalam kasarnya aku, dalam macem-macemnya aku.. Yang pada akhirnya sekarang dia membuatku bisa bilang, seperti kata awanudin yang tak edit dikit.. "Aku bukannya gak bisa hidup tanpamu, aku bisa kok. Hanya saja, aku memilih untuk tidak melakukan hal itu". Memang naif banget kan kalau bilang gak bisa hidup tanpamu, hahaa.. prek banget..

Sekali lagi, memilih hidup dengan orang yang sangat kau cintai, atau orang yang sangat mencintaimu?
Kalau aku, memilih yang kedua.

Aku sih gak tahu apa pilihan ini bener atau salah. Yang pasti aku tahu, berusaha itu tidak pernah salah.

Kosan saja, sore hari, 16.57, 24-06-13
Saat kepikiran, melihat orang yang dua tahun menunggu akhirnya jadi.
*edited and publish 26-06-13

mati

mati
Hari ini aku melakukan perjalanan ke Parakan, setidaknya melewati Parakan. Bukan pulang, tapi melayat. Sebenarnya awalnya ketika diajak aku gak pengen ikut, tapi karena yang berangkat semua cewek, dan aku gak tega, maka aku temani. Sekalian penunjuk jalan minimal sampai candirotonya. oke maka berangkatlah kita. Dan memang tidak akan ada yang sia-sia ketika kita ikhlas. Itu yang aku lihat. Bahwa rasa capek dan ngantuk dan apa lah itu tidak sebanding dengan cerita yang aku dapat. Secara pribadi, aku belum pernah melihat proses orang meninggal, dengan mata kepala sendiri. Aku gak tau, dan saat ini aku belum pengen tau atau pun merasakannya secara langsung. Setelah mendengar cerita itu aku semakin gak pengen merasakannya, untuk saat ini.

Seorang yang meninggal ini adalah bapak temenku. Beliau sakit ginjal. Selama hidupnya tidak mau minum air putih, sukanya teh, kadang kopi, seperti itu. Secara kedokteran (meski gak begitu tahu) kurang air putih akan menyebabkan kerja ginjal menjadi berat, yang bisa merusak ginjal itu sendiri. Dan kata banyak orang bahwa ketika ginjal sudah kena, itu tidak akan sembuh. Bagian ginjal yang rusak akan merusak bagian yang lain, dan jika kedua ginjal sudah kena, ya akan sangat parah. Yang bisa dilakukan paling memperpanjang umur dengan banyak cuci darah. Setahuku cuci darah hanya dilakukan untuk mengeluarkan racun dan air yang ada dalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan oleh ginjal. Itu bisa menunda kematian, hanya menunda.

Aku gak tau apa bapak temenku ini tahu masalah itu, tapi menurut cerita, beliau tidak mau cuci darah. Pernah masuk rumah sakit memang, awalnya hanya didiagnosa sakit saluran ginjal, tapi karena masih sakit juga, akhirnya dibawa ke RS lagi. Cek yang ini diketahui kalau ginjalnya sudah kena. Dikira hanya satu, tapi ternyata sudah kena dua-duanya. Maka hari-hari setelah itu selalu ada pantangan. Baik tentang makanan, atau minuman, atau gizi yang harus menjadi asupannya. Si bapak ini jadi rajin minum air putih, meski dibatasi oleh kerja ginjal. Sampai menurut cerita, sejak pertama sakit, sampai meninggal, ada waktu sampai 10 bulan. Cukup lama memang. Dan bapak ini masih bisa bersuara dengan jelas meski kadang tidak mau bicara. Beliau masih bisa berbicara dengan anak satu-satunya, masih bisa mengkhawatirkan anaknya yang mau ujian. Masih memikirkan hidup istrinya, anaknya, dan keluarganya. Masih. Hanya saja, beliau tidak mau cuci darah. Beliau bilang itu hanya memperpanjang umur saja. Beliau juga tidak ingin terlalu banyak minum obat, gak mau. Mungkin sudah tahu? who knows?

Bapak ini kritis sejak minggu pagi jam 2. si anak yang berada jauh di jogja ditelpon jam 5. padahal beliau sudah bilang tidak usah menelfon si anak. iya karena bapak itu tahu anaknya akan ujian hari seninnya. tapi karena si ibu tidak tega, tetep ditelfonnya si anak, biar melihat bapaknya. aku pikir ibunya sudah merasa ada sesuatu yang tidak beres. si anak pun pasti merasa begitu ketika ditelfon. hubungan keluarga memang seperti itu. aku merasakannya sendiri. maka pulanglah si anak.

Sampai rumah, bapaknya selalu minta ditemani anaknya. Selalu meminta si anak menggenggam erat tangannya. Ketika si anak sholat dhuhur sebentar saja, langsung dicari "dia mana? dia mana?" sepertinya rasa sayang yang teramat besar akan anaknya ini yang membuat beliau bisa bertahan sampai saat itu. Menunggu anaknya pulang. karena setelah anaknya merasa ikhlas bapaknya akan diambil, barulah bapak itu meninggal. Si anak sudah merasa sangat tidak tega melihat bapaknya yang seperti itu, karena itu akhirnya dia ikhlas. Tentu saja bapaknya tidak akan tega melihat anaknya sendiri bersama ibunya, mungkin karena itu beliau masih meminta waktu di dunia, menunggu sampai keluarganya ikhlas. who knows? hanya Allah yang tahu.

Sampai saat terakhir, kedua tangan bapak dipegang erat oleh anak satu-satunya ini dan ibunya. Benar-benar terasa saat tangan bapak itu semakin dingin. Semakin dingin. Orang bilang memang ketika ruh kita akan dicabut, anggota tubuh kita dari bawah ke atas akan semakin dingin. Selain itu akan terjadi semacam kejang-kejang seperti sesak nafas. Beberapa saat sebelum itu, tubuh akan merasa tidak enak. Tidur terlentang tidak enak, sebentar-seentar ganti posisi tidak enak juga, begitu terus. Dalam istilah jawa, keadaan seperti itu dinamakan "Sakaratul Maut". Keadaan di mana ruh kita sedang dalam proses diambil. dan si anak, bercerita dengan wajah yang (bagiku) sangat jujur, mengatakan saat itu benar-benar ngeri. Membayangkan pun aku gak sanggup. Hampir meneteskan air mata. Takut. Aku takut.

Sampai saat terakhir itu, keluarga terdekat berada di sampingnya. Dengan ikhlas. Meski ada perasaan tidak percaya bahwa bapak itu sudah diambil. Ibu si anak merasa tidak ada penyesalan karena ketika sakit, jika bapak meminta apa pun, bahkan yang menjadi pantangan, semua bisa disediakan sang ibu. Banyak yang bilang, si bapak meninggal dengan cara yang cukup tenang. Menurutku karena keluarga yang sudah ikhlas, dan diri sendiri yang juga merasa begitu.

Cara meninggal setiap orang berbeda-beda, tergantung cara hidupnya. Kalau di naruto, "jalan hidup seseorang dilihat dari cara matinya". Dalam Islam, cara orang meninggal tergantung amalan dan apa yang diperbuat selama hidup. Baik untuk diri sendiri, keluarga, tetangga, teman, semua. Ketika tidak ada penyesalan, Insya Allah orang akan meninggal dengan baik. Ketika tidak ada yang masih mendendam, tidak suka dengan kita, Insya Allah meninggalnya akan tenang. karena itu berbuat baiklah. Tidak perlu mencari musuh, carilah teman yang banyak. Kalau kata One Piece, "Seseorang baru benar-benar lenyap dari dunia ini ketika tidak ada seorang pun yang mengingatnya". Maka berbuat baiklah. Ukir nama yang baik di dunia, di hati orang-orang yang kamu sayangi. Hiduplah di hati dan pikiran mereka. Seperti junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W. yang akan selalu disebut namanya, bahkan sampai dunia ini kiamat. Maka berbuat baiklah. Berbuat baiklah. Jangan sampai menyesal. Nikmatilah hidup.
kita hidup di dunia ini hanya sekali, tapi jika hidup dengan benar, sekali saja cukup - no name

kosan, 11-6-2013, 23.08
ketika sangat kepikiran dengan kematian

Sebuah tulisan tentang sang Idola

Hari itu, semua pecinta bola bersedih. pertandingan terakhir sang maestro di bernabeu.
Gak sampai pertandingan habis dia bermain, mungkin hanya 70 menit, lupa tepatnya. dia menampilkan sebuah permainan yang dia banget. Satu gol lewat sundulan dari tiang satu ke tiang jauh satunya, membuat Real Madrid 1 - Villareal 1. Saat ditarik ke bench semua orang berdiri, standing applause. Mereka mengangkat tinggi-tinggi kertas alumunium foil (mungkin), yang membuat cahaya putih berpendar ke seluruh stadion. Dan gambar Zidane, ada yang bertuliskan "Legend". Ada yang merci, lupa. Semuanya tentang rasa terima kasih karena diberi kesempatan melihat pemainan sepak bola yang indah. Ya, dari sang maestro.


Banyak orang bilang pemain terbaik dunia itu pele, 1000 gol lebih sepanjang karir. Dribble canggih meski di dalam kotak penalti lawan. Piala dunia dapet 3 kali. Kalo di PES nilai overallnya sampai 99, nyaris sempurna.  Kemudian ada lagi yang bilang Maradona, si anak Tuhan. Bayangin aja gimana coba ada anak Tuhan main bola di bumi. Atau Franz Beckenbauer, sang kaisar jenius. Atau Johan Cruyff, pemimpin super. Seorang pemain yang merupakan perwujudan asli total football. Ada banyak. Sepak bola sudah ada sejak jaman bahula, sudah berapa orang yang bermain? pasti ada yang terbaik dari mereka, di jaman mereka masing-masing. tapi bagi orang yang hidup di jaman 1991-now, pasti akan bilang bahwa Zidane lah yang terbaik. karena mereka benar-benar melihat secara langsung permainan si bocah Aljazair ini. Yang pemain jaman dulu kan bisanya cuma liat di youtube, dan youtube bisa aja nampilin pas mereka bagus2 doank, haha.. Bahkan jika pertanyaan siapa pemain terbaik di jaman 1991-sekarang ditanyakan ke pemain lain, mereka pun mungkin akan bilang Zidane yang terbaik. Pemain terbaik jaman itu tidak diciptakan seeorang, tapi diciptakan jaman itu sendiri. Zidane seperti itu.

Dia gak harus mencetak banyak gol dengan dribble licin macam messi, atau terlalu sempurna seperti Cristiano Ronaldo. tidak. Gak harus mencetak rekor passing terbanyak dalam satu pertandingan macam Xavi dan Iniesta juga. Zidane adalah pemain yang dominan, entah kenapa selalu terlihat besar. bahkan ketika diantara Ronaldihno, Kaka, Ronaldo, Puyol, Xavi, Pirlo, dan pemain besar lainnya. Kalo di lapangan, secara alami bola akan bergulir ke tempatnya. Secara alami. Itu yang aku lihat. Kemudian dengan gerakannya yang khas, bukan licin sangat lincah seperti anak Brazil, tapi luwes, sangat luwes, dia bergerak dan enak ditonton. Kadang adu badan, kadang melewati dengan cerdik, sangat entertaining. Yang lebih bikin kagum lagi, dia bermain untuk tim. gak harus dia yang nyetak gol atau assist. dia akan buka ruang, passing, dribbling, di saat yang tepat. Aku bilang, permainannya cerdas. pemimpin sejati di lapangan. hanya saja, entah kenapa pas enaknya balik lagi ke Zidane, gol atau assist menentukan, dia yang bikin. 

Sayang sekali aku baru suka dan nonton sepak bola saat 1999. itu umur 8 tahun berarti. belum bisa nonton yang pertandingan malam juga, makanya Piala Eropa 2000 aku gak nonton dia. Pertandingan pertama yang ditonton, saat final vs Bayern Leverkusen, 2-1, gol yang dikatakan salah satu yang terbaik. memang. Saat itu aku langsung kagum. dan berikutnya kaos bola pertama yang aku punya juga atas nama Zidane, baju Prancis untuk Piala Dunia 2002. dibeliin bapak, dia pun suka, haha. Sayang sekali Zidane gak main satu kali pun. dan meski Ronaldo dengan rambut kuncungnya sangat dominan, juga kemunculan Rookie Ronaldinho, rasa mengidolai Zidane gak ilang. masih berharap lihat dia. Saat itu, meski gak suka madrid, aku akan nonton.

Panggung besar terakhirnya adalah PD2006. Meski sempet bilang pensiun, akhirnya setelah ditarik lagi dia mau balik ke timnas, untuk terakhir kalinya pake baju timnas di turnamen resmi. Yaah, aku bilang sih sebuah closing yang gak bakal dilupakan. Semua tersaji. cerita sepak bola yang komplit. Sempet kurang greget di penyisihan bahkan sampai leg ke-3 dia gak main gara2 akumulasi kartu kuning, dia dan Prancis mengamuk di babak selanjutnya. Perempat Final lawan Spanyol. Lini tengah Spanyol diobrak abrik. Zidane bareng Vieira membuat Xavi, Xabi Alonso, dan Fabregas yang di penyisihan keliatan gagah jadi seperti anak kecil. Memang masih anak kecil sih mereka, tapi seperti diliatin banget perbedaan kemampuannya. Raul Gonzales gak kelihatan, Puyol di ankle breaker, Casillas melongo lihat bola 3 kali masuk gawangnya. Skor akhir Prancis 3 - Spanyol 1. Zidane 1 gol, yang berkelas.


8 besar lawannya jagoan America Selatan, Brazil. Dengan Brazil sebagai jagoannya of course. tapi yaah, bahkan sampai ada video Zidane vs Brazil 2006. Saking dominannya itu orang di tengah pemain Brazil. Gerakannya dinamis banget. Bikin yang main pun mlongo, apalagi yang nonton. haha.


Portugal menjadi lawan pas semifinal. Meriah banget. Kemunculan pertama CR7 di panggung PD. setelah membuat heboh dengan 'pertarungan vs wayne rooney', dikira bisa main keren di semifinal, tapi kayaknya sih  dia rada menyesal, makanya yang paling keren menurutku sih si maniche, sama deco. Mereka cerdas, main ke sana kemari, sayang sekali defence Prancis lagi oke banget. terutama Thuram. Zidane beneran dijaga, susah gerak meski akhirnya menyelesaikan satu Pinalty dengan dingin. Prancis 1 - Portugal 0. Prancis lined up Italy in Final.

Final adalah pertandingan terhoboh, meski bukan yang terbaik. Bener. Sempet rada menyesal karena hampir saja gak liat. Hari itu adalah pertama kalinya aku sampai di SMA, dan kan gak tau tivinya ada di mana, eeh malah ada nonbar, ya disambut dengan gembira donk. Nonton di lapangan basket, pake LCD. Inget banget. Awal langsung menggelegar. Gak tau menit berapa tapi Zidane sudah membuat Prancis Unggul 1-0. Meski rada samar-samar sih. Bola tendangan pinaltynya membentur mistar dan jatuh dan keluar lagi, tapi Gol. Gak sampai 10 menit mungkin Materazzi bales lewat heading. Setelah itu pertandingan yang lumayan untuk ditonton. Gattuso mungkin gak liat bola, yang dilihat Zidane terus. Nempel kayak Lem Alteco kalo ini. Yang hebat Pirlo, seperti kebiasaannya di Milan. Distribusi bola lancar banget meski striker mentok dibek. Zidane tetep ngobrak abrik. Kalo kiper bukan buffon udah bye bye itu Italy. Sampai akhirnya perpanjangan waktu, dan entah gimana. Materazzi terkapar, pegang dadanya. Kamera udah ngikutin bola yang ngarah ke Prancis itu, gak ada yang sadar sampai kamera dibalikin lagi ke Materazzi. Langsung rame. Wasit tanya sana hakim garis dan lari ke Zidane ngluarin kartu merah. Semua kaget. Pas tayangan ulang baru ngerti tiba-tiba Legenda ini nanduk dada Materazzi. Gak tahu beneran sakit apa gimana tapi itu ekspresi Materazzi heboh banget. Semua misuh, yang nonton. termasuk aku. Pas Prancis lagi makin dominan dan tiba-tiba sang Jendral harus keluar. Ini adalah foto yang gak bakal bisa aku lupain.

Akhirnya Prancis kalah. Adu Pinalty. yang yaah. nyesek banget. Final yang bakal diinget, karena sebuah kejadian yang langka. Sebuah closing yang Indah harusnya, tapi apa daya, inilah sepak bola. kadang tragis. Meski begitu ya dia gak bakal dicaci maki, malah dengan banyak analisis lanjutan setelah Final itu, nama Zidane akan tetap flying high. 'Cacat' yang sedikit itu gak bisa menghapus pesonanya. Sampai saat terakhir.

Memang sedikit subjektif sih, haha. tapi ya gimana, memang begitu menurutku. yaah, pada akhirnya aku hanya salah satu orang yang terpesona oleh permainan Zidane.

kosan sepi karena malam, 00.03, 15-5-2013
Setelah membaca lagi cerita -Giant Killing-
*edited and publish 11-6-2013.

nama lainnya, naik gunung

Kejadian ini berlangsung sekitar dua hari lalu, tepatnya dimulai sejak sabtu sore sampai minggu siang. Kalo rencananya sih sudah jauh-jauh hari. Rencana camping, ada yang bilang naik gunung, padahal ini rada ragu juga disebut gunung, tapi karena memang namanya gunung api purba maka sebut saja ini naik gunung. Yep, kami anak-anak KKN UNIT 61 SendangTirto melangkah naik ke puncak Gunung api purba ngglanggeran.

si takut lumpur dan gila kebersihan Ika kurniawati, ada lumpur sedikit aja langsung tisu basah.
si gak di kosan, gak di gunung, gak mandi, gak ganti baju. iya namanya april, nama tengahnya kompor.
si tukang foto, tapi kebanyakan foto diri sendiri, bawa banyak garem, sampai membuat salting. nama lainnya laras. paling sadar diri, yang lain kucel dia rapi sendiri.
si turis borobudur yang kesasar ke gunung. kecil-kecil cabe rawit. eka yulianti. kurang topi doank itu.
si gila gizi sheila, anti mie tapi karena adanya makanan cuma mie ya tetep dimakan juga.
si penghasil air terbanyak, berdiri aja berkeringat, apalagi jalan. basah semua itu baju. nama lainnya anam. kalau di mesin disebut ina.
si salting, gak connect kalo di gunung. peduli banget sama sinyal. bingung mau laporan. fahmi.

dan yang menemani perjalanan ke sono,
si adek kartun suaranya lucu, semangat banget kalau jalan, jago masak. padahal sama saja, tapi saling mengece dengan kakaknya. namanya jaki. atau seperti itulah kedengarannya.
si marjuki, si selow, seorang supir yang gak tahu arti kata 'driver'

ini penampakan kita-kita
"meski gerimis tetep foto" [photo by Marjuki]

perjalanan dimulai dari kosan si big boss anam, memang big. jam15.30 kita berangkat.
dan dengan segala hormat, tidak mengejek, si odol ini meminjam lampu badai, dan tidak dibawa. Sampai gunung pun, senter yang dia bangga-banggakan ternyata gak ada powernya, huu.. gede doank!
memang seperti itulah, sedih.

naik motor pun berlangsung, greng greng greng..
ciiitt... ada yang jatuh, gara-gara salah masukin gigi motor, untung gak sampai kenapa-kenapa.
sampai basecamp dengan sehat.
hanya sampai basecamp. karena di basecamp ada yang lebih sehat. saking semangatnya minum, dia gak sadar yang diminum ternyata minyak tanah. mukanya langsung aneh. marah-marah sendiri. terus langsung dilepehkan itu minyak tanah. disuruh minum air putih gak mau, tapi botol airnya diterima juga, dimasukin ke mulut. dan setelah makan permen, dia menjadi biasa lagi.
yaah gapapa, itung-itung isi bensin sebelum menanjak naik, hap hap.

Perjalanan malam, habis magrib baru naik, gelap, dan hanya beberapa yang membawa senter. Saling menunggu, bersama-sama, menghadapi medan awal yang berupa batuan sedikit heboh. Dilanjutkan tanah datar dan tangga batu, berhenti sejenak di setiap pos untuk sekedar melihat pemandangan malam, lampu-lampu indah di bawah sana, menikmati. Sambil minum. Ditemani suara nafas yang makin terdengar jelas ditengah gerimis.

Makin jauh makin capek, dipanggil namanya satu-satu sudah tidak banyak yang jawab. Energi disimpan dengan baik, konsentrasi penuh untuk melangkah. "Ayo terus, 10 menit lagi sampai puncak". Yaah, kata-kata yang sering keluar, 10 menit lagi. Pokoknya 10 menit aja!

Dan akhirnyaa, camping ground II. Pilih tempat bikin tenda, yang cowok mendirikan tenda, si cewek-cewek masak air dan mie. Tenda jadi mie sudah jadi. Dan makan malam di gunung pun terasa begitu enak. Mie kuah dengan sayur, ditambah beras merah, gak tahu bentuknya yang penting makan! ini yang namanya nikmat. Makan bareng-bareng. No rebutan. Semua bagi-bagi. Sama rasa sama saja. Senang-senang saja di atas itu, habis makan mie masak roti bakar. Roti bakar yang penting dibakar. tapi tetep enak kok. Gak ada abang burjo pun cowok-cowok gak kalah masalah bikin makanan enak. Yang konyol lagi ada marshmellow dibakar di lilin. Ada yang sampai kebakar ada apinya, yang penting Hap. Apa pun makanannya, di gunung itu tetep enak! hahaa..

Malam semakin larut, waktu tidur pun sudah masuk. Gerimis, kabut, angin kencang, tenda mulai basah. Maaf untuk sheila dan adiknya karena kena air dan basah. Mengganggu tidur Anda? tidak apa-apa. Ini namanya pengalaman berharga! uyee~~ orang yang april dan ika dan eka tidur nyenyak gak bangun. berarti memang tidak apa-apa. Ucapkan Alhamdulillah karena tidak sampai hujan lebat.

Alarm berbunyi pukul 04.sekian (gak tahu tepatnya). Ada suara orang-orang pada kuliah subuh, terus sholat subuh berjamaah. Kita juga sholat. Sambil berharap ini kabut segera menghilang. Pengen melihat sunrise, tapi apa daya kabut tebal gak ilang-ilang. Yasudahlah. Nikmati saja. Jam 6.lebih kita muncak, foto-foto donk.

   
"di puncak yang berkabut" [photo by Laras]         -menuju puncak- [photo by Amik]

Puas berfoto ria kita balik ke camp, masak-masak sarapan sebelum akhirnya pulang. Masak dengan ramai sendiri. Ribut masalah masakan, ada yang cemil-cemil nugget. Masak sup. Masak nasi kurang berasnya, jadi lembek deh, tapi gak masalah. Selama itu makanan, dan di gunung, tetap enak!



"Masak bersama dengan koki Amik, asisten : Ika, Sheila, Jaki" [photo by Laras]

Kita nikmati semuanya, saat naik, saat hujan, saat berkabut, saat sedikit terang, saat melihat pemandangan malam, saat dingin, saat masak, saat makan, saat tidur, saat foto-foto. Semua! di album Laras di fb, kata-katanya bagus. "no sunset, no sunrise, nothing to see, but still IT WAS AMAZING". Yeah, memang seperti itu. Ini masalah kebersamaan. Yang paling penting adalah kebersamaannya, kelucuannya, dan keselamatan sampai rumah. Selain itu, hanya bonus. Sekali lagi, yang penting Heppy!! we're having FUN!

tuh mukanya aja sumringah banget kan, meski kucel 
"bersiap pulang" [photo by Zaki]

dikosan saja, 11-6-2013 , 16.30. 

rasa yang berbeda

rasa yang berbeda

Pada akhirnya aku sadar, ini bukan masalah janji, atau tanggung jawab, atau proker, atau professionalisme. ini lebih dari itu semua. ini adalah rasa, yang (gak tau) hanya bisa kamu resapi ketika mengalaminya sendiri.

Hari selasa tidak tahu kenapa terasa sibuk. pagi2 sudah dihebohkan dengan program yg gak mau jalan, yg mana setelah dtelusuri gara2nya cm karena ada satu bagian yg harus dtulis dua kali, brr.. dan lagi dapet kabar sms tentang tangan2 jahil yg gak bisa dibiarkan bebas. lengah sedikit saja fatal akibatnya, paraah.. bikin mikir jg sih ni.. tapi yaa.. sejenak lupakan, good morning :)

banyak hal yg terjadi, dan semua aku nikmati. siang pun berlalu, aku sibuk dengan hape, sms banyak juga, tanya kabar anak2 dan kesediannya ikut mengajar rutin. tapi orang2 terbaikku justru sedang ada yang harus dikerjakan, gak masalah, itu tanggung jawab mereka (dan ini tanggung jawabku??lhoh). akhirnya ak berangkat seperti biasa setelah sholat ashar. merasa ada janji dan kenyataan bahwa ini adalah sebuah tanggung jawab. seperti itu.

sampai di tempat tujuan, belum sampai sih, aku senyum2 dewe melihat anak2 jalan bersama2 menuju masjid. yang selanjutnya melambaikan tangan sambil tertawa melihat aku datang. heboh seperti biasa. dan sampai masjid ak datang hanya ada tas, anak2nya kosong. mereka trnyata sedang asyik bermain d TK sebelah. ramai sendiri. sampai akhirnya satu temanku dan takmir TPA di sana datang. TPA dimulai dengan bacaan tasmiyah, doa menuntut ilmu, dan doa untuk kedua orang tua, teng teng teng..

pembukaan berjalan lancar, meski beberapa anak masih kurang semangat sih. tapi gak masalah, nanti makin lama semangatnya muncul dwe seperti biasa. aku pun mulai absen yang putra, putri satu temanku yang absen. di daftar absen awal hanya ada 8 nama(sepertinya), itu pun setelah diabsen hanya 5 orang yang hadir. astagirullaahh.. tapi masih banyak putra yang hadir, akhirnya aku nulis nama2 yang belum sempet ditulis. aku tunjuk satu2, meminta mereka sebut nama untuk aku data. dan sampai nama terakhir, angkanya mencapai 21. lhooh?? banyak bangeet, haha.. melihat lagi semuanya baru aku sadar, belum pernah sampai sebanyak ini.

acara baca iqro' pun dimulai, putra semuanya aku yang pegang. menggerubuti dan berebut mau ngaji duluan. ada yang saling tereak, gak mau kalah, suk-sukan ke depanku bawa iqro', menarik tanganku, bahkan minta pangku. komplit. dan akhirnya sesuai absenlah mereka ngaji. adil menurutku, dan bagusnya mereka manut, bisa menerima. sewaktu ada yang ngaji, suara kicau anak2 bermain selalu menghiasi, berisiiikk, haha... meski begitu ada beberapa anak dengan sabar selalu disampingku sambil bertanya, "mas, aku kapan??", dengan mukanya yang polos.

sampai di giliran anak yang sangat kecil menurutku. diajak kakaknya ikut ngaji. anaknya lucu, imut2, manut, agak malu2 jg sih, haha.. kakaknya yang membukakan iqro'. jilid satu halaman 1. aku mulai " a, ba", menunjuk huruf2 yang ada. "yang tegak seperti ini a, yang ini ba,.. aa, ba,, apa??". "a, ba", dia mengikuti. selanjutnya aku hanya menunjuk hurufnya satu per satu. dia membaca, menyebut hurufnya masing2. sampai akhir halaman. belum sampai akhir jg ding, mendekati. aku senyum dewe gak jelas. dan ketika huruf terakhir halaman itu dibaca aku peluk dia, tak cium kepalanya (refleks :p). bocah kecil itu namanya fadhil, 4 tahun. baru saja masuk paud. masih sangat kecil menurutku. setelah hampir satu tahun aku mengajar TPA, ini adalah pertama kalinya ak begini. yaa.. ini adalah pertama kalinya fadhil baca iqro'. pertama kalinya ak mengajari seorang anak benar2 dari nol. Subhanallah..

pada akhirnya aku sadar, ini bukan masalah janji, atau tanggung jawab, atau proker, atau professionalisme. ini lebih dari itu semua. ini adalah rasa, yang (gak tau) hanya bisa kamu resapi ketika mengalaminya sendiri. mungkin kepuasan pribadi jg sih. rasa bahagia melihat kebahagiaan orang lain. senyum jujur anak2, kepolosan mereka, seperti tidak ada beban.. nikmat sekalii hidupnyaa, haha.. kebanyakn dari mereka adalah anak yang sangat ramai, tetapi beanr2 berubah ketika mengaji. dan satu hal yang selealu mereka lakukan, senyum ke arah pengajar ketika selesai ngaji. wajahnya ituu.. yaa sperti itulah kita tau :)

memang begitu adanya.. aku sadar.. ini adalah rasa yang berbeda..

kita ada di suatu tempat bukan karena disuruh, atau rasa tidak enak, karena tanggung jawab, atau berbagai alasan lain. kita ada di sini karena kita mencintai tempat ini.. mencintai apa-apa yang ada didalamnya.. dan bahwa ini memang sswtu yang memang kita pilih..
mari mencintai dan menikmati setiap pekerjaan yang kita lakukan :)

Friday, September 30, 2011

sebuah cerita beragam pesan

iklan itu semacam cara buat mempengaruhi orang lain. selain untuk memberikan informasi tentang produk maupun propaganda tentunya.

jaman dulu diceritain pas masih kecil kalau lihat iklan coklat, langsung minta coklat. gak dibolehin tu sama ibuk, nangis sudah. tak lama acara mulai lagi udah lupa mau minta apa, nanti ganti iklan mie koki udah langsung merengek lagi minta mie. dan akan selalu begitu. iya, anak kecil. wajar.
tapi gak jarang juga sekarang lihat orang makan bakmi **** (salah satu bakmi terkenal di jogja), ya akhirnya pengen juga. padahal sekarang bukan anak kecil lagi, jadi bisa dibilang ini manusiawi. oke manusiawi, bukan dewasai. 
bahkan meskipun itu bukan niatan iklan ya, jika melihat orang lain makan enak, atau kelihatan enak, maka jiwa ini akan merasa pengen. sekali lagi, ini manusiawi.

oke, kita keluar dari topik makanan *siapa juga yang nyangkut2in ke makanan
iklan itu luar biasa, membuat yang tidak tahu menjadi tahu. bayangin aja tanpa iklan, gimana kita tahu kalo indom*e ada rasa baru, mie goreng sambel ijo. nah loo..
kalo bicara iklan gak bakal lepas dari iklan rokok. idenya gak nyambung, tapi harus diakui iklan kreatif di Indonesia ya iklan rokok. yang lain kurang aja.

kalo di luar sono iklan itu kadang provokatif, kadang ada ide2 cemerlang yang terkandung. kadang ada pesan moral. bermacam-macam.

dulu pernah pakai video ini buat ngisi divisi HRD KMTM
 dan hasilnyaaa.. BIG LAUGH! *watch, and you will know
ini nemu di salah satu situs Indonesia, dulu kan intinya ingin menanamkan rasa PD sama anak baru, dan bahwa kita ini special, so explore it. knowing yourself deh. gitu2 pokoknya.. hee

terus kemaren pas gak sengaja browsing2, ada iklan ini tampil, karena penasaran, maka dilihat dulu kan.
dan WOW. ini iklan yang 'bagus'.
coba cek, udah sampai berapa juta orang yang nonton.


and guess what, it's true. buat cewek.
beda lagi sama cowok. kalo cowok lebih banyak yang merasa ganteng padahal dirinya biasa aja, haha

kosan, 26-4-13, 23.24
*edited and publish 13-5-13

memory UN

memory UN
UN kadang dibilang menakutkan lah, ato pembuat stress lah, tapi di tangan anak semesta, UN menjadi hal yang tidak bakal bosan untuk terus diceritakan.. karena memang menyenangkan. gara-gara tadi pagi UN, jadi keinget, 4 tahun lalu pas jamanku yang UN. ketawa tawa sendiri..
berikut cooltweet yang sempet terekam tadi pagi :D

@azmiinafi : mengingat 4th lalu pas UN.. sudah lupa.. UN mulai jam berapa ya?
@f_a_tia  : jam 8 kakak :D
@rezaanshory : Aku ingetnya pas nyebar kode meng haha
@azmiinafi : @rezaanshory sang pemegang kunci pergerakan ni mas reza anshiro
@mz_adnan : @azmiinafi @rezaanshory mas reza jg punya peranan ngasih jawaban ke kls ruangan sblh :D

@azmiinafi : yg inget itu kalo kelas 3 sarapan pagi biasany dikasih susu kotak, hha cc: @endvr #mengenangUN

@azmiinafi : ujian hari pertama dulu biologi dn bahasa indonesia, serem, karena hafalan semua #memoryUN

@azmiinafi : dulu mulai H-1bln, mushola asrama makin rame pas jam istirahat, banyakin doa, prihatin #memoryUN
@ryannadhyatma : Makin rame juga jam 2 pagi an
@azmiinafi : @ryannadhyatma sinau, sholat tahajud, poso.. rame terus brati pak
@ryannadhyatma : Ning musola akeh buku berserakan,,,
@azmiinafi : @ryannadhyatma eneng le turu bantalan buku.. ben ilmune nyalur ya'e,hahaha

@azmiinafi : malemny udh pda lembur belajar.. dulu sih lembur palingan gk sampe jm12, kecuali @mz_adnan ama songel nunung fairuz #memoryUN

@azmiinafi : makin deket hari H makin rajin belajar makin mantepin strategi ujian, top cc: @endvr #memoryUN
@age_iL : Strategi sebar kunci ya meng
@rezaanshory : Dan mempertajam mata sakti meng
@f_a_tia : belajar kerjasama sm jam gak lupa mempraktekkan 'pelanggaran asrama' #hp lol
@azmiinafi : @age_iLportiere @endvr strategi serangan balik mulai jam 9 ..and the counter begin from 9.01, sampai 9.40, hha
@age_iL : Jam digital pun sngaja dpasang dikelas
@azmiinafi : @age_iLportiere @endvr dibela belain ambil dari mushola, wkwk.. ketua strategi si pentolan infantry @pramonorusadi
@age_iL : Dengan kode dan sandi negara ya meng
@azmiinafi : @age_iLportiere @endvr @pramonorusadi semaphore, tangan tegak dan miring dan tidur.. kombinasikan saja
@azmiinafi : @rezaanshory harus peka juga, gerakanny kadang ketutupan, haha #memoryUN
@rezaanshory : Practice makes perfect meng haha

@azmiinafi : paling inget lagi pas matematika, ada satu soal miss, si arif mbek misuh misuh, deg degan cc: @endvr #memoryUN
@age_iL : Hhaha kambing panik
@anrikhannf : @rezaanshory @azmiinafi @age_iLportiere hahahaha dadi kangen masa2 kui, gusyu ngga ngasih jawaban ke arif hahahha
@azmiinafi : @anrikhannf @rezaanshory @age_iLportiere mbek banting tase ng kamar trz muni2.. kabeh tegang, hahaa..
@rezaanshory : wakakaka panik panik
@azmiinafi : @rezaanshory @anrikhannf @age_iLportiere langsung ra enak sinau hari berikutnya.. tapi bar lancar langsung ngekek2 meneh, haha

@azmiinafi : soalny matematika yg udh belajar serius bgt malah out of prediction.. soalnya kacau, parah #memoryUN
@f_a_tia : @azmiinafi benar skaliii! Keterlaluan yg bikin :3
@mz_adnan : @azmiinafi @endvr soal matematika out of prediction, kluar ruangan banyak yg mukanya pucet
@azmiinafi : @mz_adnan @endvr paling pucet dr 5 hari ujian.. saking pucetny bikin males hari selanjutnya

@azmiinafi : paling konyol kalo dilihat @anrikhannf , badan gede depan sendiri.. dan.. usil, gerak mulu, haha #memoryUN
@azmiinafi : @age_iLportiere @anrikhannf udah gitu rickun kan panikan, badanny ndlongsor juga kadang kringetan, hha.. enak dilihat #memoryUN

@azmiinafi : baris 1 itu.. dr depan k blkg : adhim, donny, amik, nata, reza #memoryUN
@azmiinafi : baris 2 itu.. dr depan k blkg : izul, pretty, george, iwan, boris #memoryUN
@azmiinafi : baris 3 itu.. dr depan k blkg : rickun, gusyu, gilang, kocin, tonton #memoryUN
@azmiinafi : baris 4 itu.. dr depan k blkg : arif, guspe, husein, ilham #memoryUN

@age_iL : @azmiinafi @endvr @rezaanshory @mz_adnan dan malam harinya sebelum UN kita berpesta di graha suwanto sampe masuk koran hhaha #UN #memoryUN
@azmiinafi : @age_iLportiere @endvr @rezaanshory @mz_adnan Oiyaaa.. kalo ini parah banget.. hahaa.. acara makan2 dan pesta joged
@rezaanshory : sampai Boy melu joget haha